-->
  • D. MATERIAL AKUSTIK STUDIO REKAMAN

    IMANSYAH TAMNGE - Material akustik adalah material teknik yang fungsi utamanya adalah untuk menyerapsuara/bising. Setiap material akustik memiliki nilai kemampuan penyerapan bunyi yang berbeda-beda, tergantung dari koefisien absorpsi/serapnya. Koefisien absorpsi adalah ukuran seberapabesar efisiensi permukaan atau material dalam menyerap suara. Untuk menjaga kualitasproduk yang dihasilkan, studio rekaman harus didesain untuk menyerap bunyi

    Berikut adalah beberapa koleksi bahan yang cocok untuk studio rekaman:

     
    Gypsum


    Penggunaan gypsumberfungsi sebagai dinding pertama(dibutuhkan material berat). Papan gypsum bersifat tahanapi, awet, dan tidak menimbulkan emisi gas formaldehida

     
     
    Rockwool 
    Penggunaan rockwool pada dinding studio musik dan lantai. Rock wool terbuat dari bahan tambang fiber ringan dengan inti berupa batu alam yang dipadukan dengan damar panas. Keunggulan dari rockwool, diantaranya:
    1. Memiliki daya konduksi termal yang rendah.b)
    2. Dapat digunakan pada suhu 1000 C sampai 8200C. 
    3. Tidak mudah terbakar.
    4. Kedap suara.
    5. Tidak berkarat/berjamur.
     
     
    Plywood 
     
    Plywood terbuat dari beberapa lembaran tipis, atau lapisan yang arah seratnya disusun saling melintang antara lembaran bawah dengan lembaran bagian atas secarabersamaan dengan lem khusus di bawah tekanan besar sehingga didapatkan ketebalantertentu. Lembaran-lembaran tersebut biasanya diperoleh dari proses pengupasankayu log secara rotary. Dari proses ini diperoleh lembaran yang lebar dan panjangpada ketebalan yang kecil (0,3 mm - 3 mm).Dari konstruksi yang digunakan untuk membuatplywood, maka bahan ini sangat tahan terhadapresiko pecah/retak, melengkung atau melintiryang tergantung pula pada ketebalannya. Dimulaidari standar ketebalan 3 mm, 4 mm, 6, 9, 12, 15,18 mm dan seterusnya.
    Kelebihan plywood adalah karena daya tahannya terhadap penyusutan kayu danukuran panjang lebar yang tidak mungkin didapatkan dari kayu solid pada posisikualitas yang sama.

    Glass wool
     
     
     
     
    Glass wool merupakan material yang terbuat dari fiberglass. Glass wooldugunakan untuk mengurangi pantulan dalam rongga atau untuk menyerap standing wave yang terjadi. Glass wool mempunyai keefektifan lebih tinggi dalammenyerap suara.

     
     
    Karpet
     
    Penggunaan karpet berfungsi sebagai peredamgetaran/penyerap gema. Karpet tebal juga sangat efektif meredam bunyi diatas lantai yang tidak dikehendaki,seperti langkah kaki.

     
     
    Gabus/busa peredam
    Gabus/busa peredam memiliki fungsi yang dapat meredambunyi (menyerap gelombang bunyi/suara dengan baik).

    Kegunaan dari adanya peredam suara pada studio rekaman, yaitu:
    1. Melindungi telinga dari risiko tuli (cacat pendengaran) efek dari frekuensi tinggi.
    2. Menambah kualitas kenyamanan harmonisasi musik (acoustical) terhadap gema.
    3. Dengung (reverb), dan bising yang berasal dari musik dan pantulan dinding di dalam ruangan. 
    4. Menahan suara (block ) di dalam ruangan sehingga suara mengurangi tingkatkebocoran suara yang keluar.
    5. Menyerap gema (acoustical) guna meng-absorb kebisingan suara yang berlebih ataupantulan-pantulan suara.
    6. Menambah kualitas suara pada musik sehingga musik dapat didengar dengan jelasdan dapat diserap dengan lebih baik oleh telinga.
    Material/bahan penyerap suara umumnya bersifat lunak, berserat, dan banyak memiliki pori, sedangkan bahan pemantul biasanya keras dan tertutup porinya. Contoh bahanpenyerap: rockwool, cellulose fibre, kapuk,, acoustic tile, spons, karpet, dsb. Contoh bahanpemantul: beton, gypsum, batako, dsb.

    Saat kita mendesain porsi penyerapan dan pemantulan studio rekaman, maka medansuara yang kita kendalikan adalah yang berada dalam ruangan. Bila diinginkan suara daridalam ruangan tidak ingin terdengar dari luar (dan sebaliknya suara dari luar tidak nyelonongmasuk ruangan) maka perlu juga didesain sistem insulasi ruangan. Ide dasar insulasi adalahtutup semua celah yang memungkinkan suara lewat dan gunakan massa sebesar mungkin.Bahan yang efektif untuk menginsulasi suara adalah bahan dengan massa yang besarsehingga memiliki sound transmission loss yang cukup tinggidan mampu mengurangi rambatan getaran. Salah satu contohbahan yang memenuhi syarat tersebut adalah Acourete Mat yang memiliki sound transmission loss yang cukup besaryaitu 17 dB pada frekuensi 125 Hz, 31 db pada 1000 Hz dan52 dB pada 4000 Hz
  • You might also like

    No comments:

    Post a Comment

    Berikan komentar positif Anda tentang artikel ini