-->
  • Goa Hawang – Goa Mistis di Kepulaun Kei. Tual, Maluku Tenggara

    Goa Hawang merupakan salah satu destinasi wisata alam yang berada di Kepulaun Kei. Goa Hawang terletak di Desa Letvuan, Kei Kecil, Maluku Tenggara ( Hawang dalam bahasa setempat berati “setan”). Goa ini berjarak sekitar 15 km dari Kota Tual. Sebagai salah satu objek wisata alam, goa yang dikelilingi oleh hutan ini menawarkan keindahan di dalamnya.

     
    Tak ada yang tau pasti kapan goa ini di temukan, yang jelas menurut penduduk setempat goa ini ditemukan oleh para tetua di kepulaun Kei sudah sejak lama. Di tengah air di dalam gua ada batu yang mempunyai legenda, menurut mitos yang berkembang karna lelah berburu seorang pria dengan binatang peliharaannya meminum air dari dalam gua. Karena dirasa tidak enak, kemudian sang pria mengeluarkan kata – kata yang kotor yang menghina mata air. Penunggu gua yang mitosnya para roh jahat akhirnya marah dan membuat pria itu dan binatang peliharaannya menjadi batu.


    Goa ini sebenarnya terhubung langsung dengan mata air Evu melalui sungai bawah tanah. Mata air Evu adalah sumber mata air terbesar di Kepulauan Kei. Untuk menuju ke Goa Hawang, kalian bisa menggunakan angkutan umum dari terminal Langgur menuju ke Desa Letvuan. Dan jangan lupa ya untuk tidak membuang sampah sembarangan.
  • You might also like

    No comments:

    Post a Comment

    Berikan komentar positif Anda tentang artikel ini