-->
  • Survei Lapangan

    Sebelum seorang Desainer atau Arsitek mulai merancang sebuah gambar rencana dengan bentuk dan model yang diminta oleh klien atau pemilik bangunan yang akan dibangun, hal yang pertama yang harus dilakukan adalah Survei Lapangan atau peninjauan terhadap lahan atau lokasi yang nantinya akan dibangun bangunan tersebut. Survei Lapangan sangatlah penting dalam menentukan model, posisi atau arah bangunan, dan juga membantu dalam perhitungan biaya bangunan yang akan dibangun nantinya, baik itu menjadi mahal atau murah.

    Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menentukan sebuah lokasi atau lahan bangunan yang baik. Antara lain :
      1. Letak lokasi bangunan tersebut, apakah nantinya bangunan tersebut terletak disamping jalan, masuk gang atau kompleks.
      2. Jarak tempuh antara lokasi bangunan dengan jalan raya. Semakin jauh lokasi bangunan, maka semakin mahal pula biaya yang akan dikeluarkan untuk pengankutan bahan bangunan.
      3. Ketersediaan material alam. Apakah material alam yang dibutuhkan ada dalam kota atau harus mendatangkannya dari tokoh yang cukup jauh.
      4. Ketersediaan material pabrikan. Apakah material pabrikan berada ditoko terdekat atau harus mendatangkannya dari took lain yang cukup jauh.
      5. Kondisi tanah. Nah, inilah yang terpenting, karena bukan hanya berpengaruh pada biaya saja, tapi juga pada konstruksi bangunan nantinya. Karena dengan adanya lahan atau lokasih yang tanahnya bagus ( keras ) akan menambah kekuatan pada bangunan tersebut untuk dapat bertahan lebih lama dan juga pada saat Survei lapangan seorang desainer atau Arsitek diwajibkan melakukan mengukuran pada lahan atau lokasi pembangunan.
      6. Kontur atau bidang tanah. Survei Lapangan juga harus dilakukan terhadap bidang tanah pada lahan atau lokasi bangunan, apakah bidang tanah dari lahan tersebut miring, trap, atau rata.
      7. Kondisi cuaca. Perhatikan kondisi cuaca yang ada, cuaca harus dapat mendukung berjalannya pekerjaan bangunan karena akan berpengaruh pada jam kerja.
      8. Sarana air. Perhatikan sarana air, apakah terpenuhi dilokasi bangunan atau tidak.
      9. Kondisi social masyarakat.Kondisi alam sekitar.
      10. Harus dapat memenuhi perundangan seperti GSB, GSS, atau GSJ. Klik DISINI


      Itulah hal-hal yang harus diperhatikan sebelum mulai mendesain gambar rencana untuk bangunan yang nantinya akan dibangun.
    1. You might also like

      No comments:

      Post a Comment

      Berikan komentar positif Anda tentang artikel ini