-->
  • A. STUDIO MUSIK ATAU STUDIO REKAMAN

    IMANSYAH TAMNGE - Menurut wikipedia, studio musik adalah ruangan atau sekelompok ruangan yangdigunakan untuk berlatih musik. Sebagian besar studio musik memiliki alat-alat musik lengkap seperti: drum, guitar, keyboard, bass, amplifier, mixer, microphone. Biasanyakebanyakan orang menggunakan studio musik sebagai sarana latihan, dan ada juga orangyang menggunakan studio musik sebagai tempat rekaman kebanyakan orang di sekitar kitamembuat studio musik sebagai tempat rental. Semakin banyak orang membuat studio musik maka semakin banyak musisi di dunia, tapi jangan salah kemungkinan besar studio musik yang dicari merupakan studio musik yang memiliki kualitas yang bagus dan tempatnyanyaman, karena itu masih banyak studio musik yang tidak memiliki pelanggan. 

    Studio rekaman merupakan tempatuntuk merekam musik yang sudah dibuat yangkemudian siap dikemas dan kemudian akandijual. Studio ini berisikan alat musik yanghanya di pakai untuk kegiatan rekaman dengantambahan ruangan untuk operator (orang yangmengawasi selama kegiatan rekamanberlangsung). Studio rekaman memerlukanpenanganan akustik yang berbeda karena ruangan ini harus dapat mendukung tiap frekuensisuara yang bermacam-macam dari alat-alat musik yang terlibat dalam proses rekaman. Olehkarena itu studio rekaman ini dibagi menjadi dua area: live area dan dead area. Live area adalah suatu daerah pada studio musik yang cukup memantulkan suara, sementara dead area adalah area yang menyerap suara dan cenderung memperkuat suara bass dengan resonansi dindingnya.

    Studio rekaman merupakan salah satu contoh ruang anechoic (anechoic chamber ),yakni suatu ruangan dimana permukaan dalam ruang seluruhnya sangat menyerap, sehinggakomponen suara yang sampai ke pendengar hanyalah komponen langsung saja.

    Untuk studio, pada umumnya memang tidak diperlukan dengung yang panjang, baik untuk music maupun speech, biasanya memang berada pada orde 0,3– 0,4 detik.Untuk waktu dengung, RT pada frekuensi 500 Hz atau 1000 Hz, biasanya digunakan sebagaistandar desain, tetapi karena secara natural suara merupakan fungsi frekuensi, maka perhitungan RT secara broadband (pada umumnya 1 oktaf band) juga diperlukan, terutamaapabila ruangan digunakan untuk keperluan-keperluan khusus dan critical yang memerlukan perhatian pada frekuensi rendah (2000 Hz) (Sarwono, 2008).


     Tanda Tangan
    IMANSYAH TAMNGE
  • You might also like

    No comments:

    Post a Comment

    Berikan komentar positif Anda tentang artikel ini