-->
  • Pemandian Evu. Tual, Maluku Tenggara

     
     Evu adalah Desa yang boleh dikatakan sebagai salah satu dari dapurnya Maluku Tenggara, kenapa demikian; karna Merupakan salah satu aikon wisata Maluku Tenggara Dan Merupakan Lumbung Masyarakat Kabupaten Maluku Tenggara Dan Kota Madya Tual.Sebagian besar Masyarakat MALRA dan Kota TUAL mengkonsumsi air bersi dari Air Evu.Desa Evu ini sendiri dikenal dengan sebuta "" NEN MAS-IL"" Yang memiliki arti yang sangat memukau bagi masyarakat Evu sendiri. Di Sini kata NEN MAS-IL itu sendiri Memiliki arti rahafia sebagai berikut ; NEN(nenek atau oma),MAS (emas),IL(memiliki duaarti yang beda pengertian,"IL berati Balik dan SAbut Kelapa" namun IL yang dimaksut disini adalah 'KEMBALI'. Maka kata NEN MAS-IL itu memiliki makna sebaai " EMAS YANG HILANG TELAH KEMBALI".

    HARAPAN :
    Jika kita menoleh kebelakang,untuk latar belakang kehidupan sosial masyarakat Evu,Untuk kedepan sanagatlah minim, Rata-rata masyarakat evu hanya mengharapkan sedikit ladang yang menunggu musim-musim tertentu,namun tak pasti ,latar belakang pendidikan rata-rata sangat miniim. hanya yang masih dipegang olem masyarakat evu sehingga hidup damai yakni Kehidupan KEGOTONG ROYONGAN , Inilah faktor yang membuat sehingga masyarakat evu terkenal akan kedamayan dimanamana.Persahabatan antara kampung sangat dipegang tegu.

    kembali pada kehidupan hari-hari, Keseharian masyarakat evu saat ini hanya tergantung pada sebidang tanah yang tdak menentu kesuburanya,, apakah ini bisa menjamin kehidupan kedepan.....?

    Satu Pepata Dari Anak muda Evu(Frangky Sirken)mengatakan " Arahkanlah telingamu pada kata-kata pengetahuan Dan Matamu pada didikan" dari kalimat ini maka buat masyarakat evu jangan tidur dan bermimpi terus ,bangunlah dari tidurmu dan mulailah membangun desa ini nke desa yang teladan dan desa yang moderen.
    Evu adalah desa yang memiliki sumber daya alam yaitu air dan merupakan tampat wisata. Perhatian pemerintah sangat diharapkan untuk memelihara hutan di sekitar mata air. Dengan demikian sumber air tetap terjaga sehingga semua orang tetap dapat menikmati kesegaran air Evu.

    Transportasi :
    Tempat yang menyenangkan dengan pemandangan alam yang indah ini dapat ditempuh dalam 35 menit dari Langgur dengan kendaraan darat.

    Tarif masuk : Rp.5.000,- untuk Sepeda Motor dan Rp.10.000,- untuk Mobil.

    Beroprasi : Pagi-Sore


  • You might also like

    No comments:

    Post a Comment

    Berikan komentar positif Anda tentang artikel ini